Profil Pembicara Seminar, Singgih “MAGNO” Desain

Memiliki nama asli Singgih Susilo Kartono. Pria kelahiran Temanggung Jawa Tengah ini memiliki talenta yang luar biasa. Mungkin tidak banyak yang mengenal akan desain radio “MAGNO” sebagai salah satu hasil karyanya di Indonesia. Namun justru di mancanegara hasil karyanya sering diperbincangkan.
Berawal pada tahun 1997, setelah lulus dari Fakultas Desain Seni Rupa ITB, beliau mulai mencoba membuat desain radio dengan bahan dasar kayu sebagai rangka atau casing, sedangkan perangkat elektronik di dalamnya Singgih memilih peralatan Panasonic yang dibeli di toko. Idenya berkembang, Singgih mencoba menggunakan media online untuk memasarkan hasil karyanya. Hasilnya luar biasa, pasar menyambut baik.
Tidak hanya mengembangkan desain produknya saja, Singgih pun berusaha memberdayakan masyarakat Dusun Krajan 1, Kandangan, Kabupaten Temanggung-Jawa Tengah, di sekitar area bengkel workshopnya untuk terlibat aktif memberdayakan masyarakatnya dalam memproduksi MAGNO.

Kepeduliannya terhadap masyarakat sekitar dan juga lingkungan itulah yang pada akhirnya membawa Singgih memenangkan Brit Insurance Design 2009. Dengan ide nya yang kreatif, dibalik idenya membuat radio berbahan dasar kayu secara tak langsung telah membantu meningkatkan perekonomian di daerahnya dengan memberdayakan masyarakat sekitar desa Kandangan Temanggung, Jawa Tengah.

Tidak hanya berkreasi dengan kayu, Singgih banyak mengeksplore material Bambu sebagai karya desain yang fungsional. Nantikan saja di seminar #BambooBiennale : SeminarNasional “Reinkarnasi Bambu Dalam Kekinian” bagaimana Singgih berbagi pengalaman dalam berproses memaknai material bambu serta pengalamannya langsung dalam memberdayakan masyarakat disekitar bengkel workshopnya untuk terjadi transfer knowledge kreatifitas ide dan keahlian pengerajin dari Singgih ke masyarakat setempat.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a comment

Your email address will not be published.


*