Fakta menakjubkan dari tanaman kayu terkuat di bumi

Bambu memiliki kekuatan tarik lebih dari sebuah baja ringan (dapat menahan hingga 52.000 pon tekanan psi) dan memiliki rasio berat berbanding kekuatan, melebihi grafit. Bambu dapat dikatakan adalah tanaman kayu yang terkuat di bumi.

Ada sebuah jembatan gantung di Cina dengan panjang 228 meter dan lebar 2,7 meter yang bertumpu sepenuhnya pada bambu di atas sungai. Tanpa menggunakan besi atau sepotong baja di dalamnya. Jika digunakan sebagai tangga, scaffolding dan konstruksi, bambu dua kali lebih stabil dibandingkan kayu jati, oak.

Thomas A. Edison, pada eksperimen pertamanya yang berhasil membuat sebuah lampu pijar (lampu bohlam) menggunakan filament yang terbuat dari bambu yang berkarbonisasi. Temuannya ini dipatenkan pada tahun 1880.

Hingga hari ini, lampu pijar tersebut masih dapat menyala dan disimpan di Musium Smithsonian (Washington DC). Alexander Graham Bell juga menggunakan bambu sebagai jarum gramafon pertamanya.

Bambu memiliki ribuan kegunaan termasuk untuk casing pesawat, zat aphrodisiacs, tirai, kuas, benda – benda kerajinan, filter desalinasi, bahan bakar diesel, tongkat untuk memancing, bahan makanan, furniture, obat – obatan, alat music, material seni ornament, kertas, tali, payung, tongkat jalan, lonceng angin, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya ada lebih dari 1.250 jenis tanaman bambu, dan diperkirakan ada lebih dari 1 miliar orang yang tinggal di rumah bambu. Tanaman bambu merupakan sumber daya alam yang abadi serta telah menjadi bagian dalam kehidupan budaya masyarakat di banyak daerah.

Jika Anda memiliki informasi apapun yang berkaitan dengan bambu, kami dari Bamboo Biennale akan dengan senang hati berbagi informasi dari Anda sehingga tanaman ini dapat semakin dikenal dan dimanfaatkan untuk kehidupan orang banyak dan menciptakan kehidupan yang lebih Eco-Friendly.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a comment

Your email address will not be published.


*