Mengenal semua instrumen dari bambu

Beberapa alat musik yang memiliki suara indah dan unik dapat dihasilkan melalui bambu. Alat musik tiup dapat diciptakan dari bahan material bambu karena sifatnya yang ringan serta mampu menghasilkan suara – suara yang bening serta “ringan”. Ada beberapa jenis instrumen yang dapat dibuat dari bahan material bambu seperti misalnya peluit bambu, seruling, dan didgeridoo.

Jika Anda tertarik dengan seni kerajinan dari bambu, menciptakan instrumen dari bambu bukanlah pilihan yang tepat untuk memulainya karena meskipun terlihat mudah namun proses menciptakan instrumen dari bahan material bambu memerlukan keterampilan khusus yang terlatih, waktu serta pengalaman. Sedikit perbedaan pada saat proses pembuatannya akan sangat berpengaruh pada kualitas suara yang dihasilkan.

Jenis – jenis pilihan instrumen

Salah satu instrumen dari bahan material bambu yang sangat populer saat ini adalah didgeridoo (atau sering juga disebut oleh orang, terompet bambu). Instrumen ini salah satu yang paling unik dan berbeda karena suara yang dihasilkannya sangat berbeda dengan alat musik tiup bambu lainnya. Meskipun ada banyak pilihan kayu lain yang bisa digunakan untuk membuat didgeridoo, namun bambu adalah salah satu pilihan material yang diunggulkan.

Selain didgeridoo, masih ada instrumen lain yang tidak kalah seru yaitu Marimba. Cara memainkannya juga sangat berbeda dengan alat musik tiup, alat musik bergaya Jepang ini sering diistilahkan ssebagai keyboard bambu. Ukuran dan pitches suara yang dihasilkan sangat terpengaruh pada jumlah pipa bambu yang digunakan untuk membuat instrumen ini. Pemain instrumen ini menggunakan batang bambu untuk memukul pipa dengan ukuran yang berbeda – beda untuk menciptakan suara yang berbeda pula (menyerupai cara memainkan gambang atau xylophone).

Temukan selera musik Anda

Jika Anda mulai tertarik pada instrumen yang terbuat dari bambu, Anda mungkin tertarik pada begitu banyak pilihan alat yang tersedia. Anda tidak harus langsung memilikinya dulu, mungkin mencoba instrumen yang sudah dimiliki oleh teman atau mencoba – coba alat yang dipamerkan pada sebuah galeri akan memudahkan Anda untuk memutuskan, mana yang paling Anda sukai.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a comment

Your email address will not be published.


*