Proposal Karya Kriya Bamboo Biennale 2016

Proposal Karya Kriya Bamboo Biennale 2016

Bambu merupakan material dengan berbagai karakter unik dan khas yang membentuk rongga dan ruas-ruas yang melalui proses alami. Proses pembentukan yang alamiah ini menghasilkan karakter bentuk, lapisan, tekstur tertentu sehingga memberikan batasan sekaligus kemungkinan yang inspiratif bagi proses pengolahan material bamboo tersebut sebagai karya seni.

Karakter keras atau lembutnya permukaan ditentukan oleh berbagai jenis sifat alamiah tumbuhan atau pohon secara tertentu. Karakter bambu yang relatif lunak (dibandingkan material logam) bisa diolah dan manfaatkan sebagai karya, sekaligus cukup kuat untuk dimanfaatkan sebagai konstruksi bentuk yang bersifat fungsional (seperti: furnitur, bangunan, dll).

Sebuah produk bambu, baik sebagai produk keperluan rumah tangga, bangunan, media seni yang telah banyak dikenal dengan baik oleh masyarakat luas merupakan salah satu contoh karya yang bisa dihasilkan oleh kreatifitas dan ekspresi seni dari material bambu. Material bambu juga bisa menghasilkan karya seni kriya yang bercorak instalatif dan dekoratif.

TUJUAN

a. Mengembangkan ekonomi kreatif dan industry kreatif di bidang penciptaan seni kriya Indonesia, khususnya bambu.

b. Mengembangkan apresiasi masyarakat luas, khususnya di Surakarta, terhadap hasil karya seni bambu Indonesia yang khas,unik serta potensial.

c. Memberikan kesempatan kepada para pekria, desainer, dan seniman yang berkarya dengan medium bambu untuk berinteraksi dengan publik seni yang lebih luas sehingga keberadaan dan potensi kreatif mereka akan lebih dikenal dan mampu berkembang secara maksimal.

SASARAN

a. Menunjukan pemetaan potensi seni kriya kayu di Indonesia, khususnya karya-karya yang dikerjakan oleh para pekerja individual, desainer, dan para seniman yang berkarya dengan menggunakan medium bambu.

b. Menunjukan kaitan dan interaksi kreatif antara: para kreator individual dengan para pekerja kreatif yang bekerja secara komunal, tradisi seni kriya yang berbasis budaya lokal dengan gagasan dan inisiatif individual dalam proses penciptaan karya – karya seni kriya bambu Indonesia.

c. Membuka kesempatan kepada publik seni rupa dan masyarakat luas pada umumnya untuk berinteraksi secara langsung dengan para pelaku seni bambu terbaik dan terpilih yang biasanya masing-masing berkarya secara mandiri, terpisah-pisah, dan tersebar di beberapa kota.

PESERTA

a. WNI dan WNA dengan usia tidak dibatasi, berdomisili Indonesia atau di luar negeri

b. Mahasiswa dan Umum (Kriyawan, pekerja seni, perajin, desainer, kriya bamboo kontemporer, dari berbagai pusat produksi kerajinan, studio mandiri, perusahaan kriya bambu di kota-kota besar) untuk mahasiswa dilampirkan kartu mahasiswa dan untuk umum dilampirkan kartu identitas/sejenisnya

c. Perseorangan atau tim dengan maksimal peserta dalam 1 tim adalah 3 orang

KETENTUAN KARYA

Materi karya yang akan ditunjukkan dalam pameran ini dikumpulkan melalui dua cara proses seleksi dan persiapan karya, yaitu:

a. Setiap karya yang didaftarkan menjadi milik arsip Bamboo Biennale selaku pihak penyelenggara dan menjadi arsip untuk dipamerkan di event Bamboo Biennale

b. Karya yang diikut sertakan adalah karya orisinil bukan karya orang lain atau modifikasi karya orang lain

c. Karya-karya yang sudah tersedia sebagai produk atau karya seni yang diciptakan oleh kriyawan, perancang, atau perajin. Kurator akan menyeleksi dan memilih jenis-jenis karya yang bisa ditunjukkan untuk menjelaskan cakrawala keaneka-ragaman karya bamboo nusantara.

d. Karya-karya yang dipesan atau disiapkan secara khusus oleh kriyawan, perancang, atau perajin yang bekerja dengan material bamboo, kurator akan memetakkan dan memberikan gambaran tentang arah pengembangan karya untuk menghasilkan jenis dan ragam karya bambu secara lebih optimal.

e. Pendaftaran dilakukan atas nama ketua tim dan pendaftar tersebut adalah yang bertanggung jawab atas karya yang diikut sertakan dalam proposal karya

f. Peserta maupun pemenang yang terbukti menggunakan identitas palsu dan melakukan kecurangan dalam kompetisi ini, maka akan didiskualifikasi dan tidak berhak menerima kompensasi dan hadiah dalam bentuk apapun

g. Panitia berhak mendiskualifikasi peserta yang tidak sesuai dengan persyaratan yang berlaku

BENTUK KARYA

Karya-karya bamboo yang akan dipamerkan terdiri atas jenis-jenis atau penggolongan karya, sebagai berikut:

a. Functional & decorative bamboo works

Karya-karya bamboo yang bersifat fungsional dan dekoratif ini, misalnya: benda atau alat yang digunakan dengan fungsi praktis (peralatan makan, tempat lilin, lampu, dll); karya-karya yang digunakan sebagai hiasan (mural, relief), maupun penggabungan dari kedua unsur fungsional tersebut.

b. Fine bamboo works & jewelry

Karya-karya yang dikategorikan sebagai karya fine bamboo works adalah karya yang menggunakan bamboo untuk menghasilkan karya-karya dengan bentuk rinci yang rumit, seperti pemakaiannya sebagai karya-karya perhiasan atau aksesoris.

c. Sculptural bamboo works & installation

Karya-karya kayu yang mengandung sikap pernyataan yang bersifat personal, lebih dekat pada pernyataan ekspresi pribadi, berupa karya-karya patung maupun karya tiga dimensional (instalasi).

HASIL KARYA

I. Konsep desain

Konsep desain skematik menjelaskan filosofi desain dan kosep dasar karya, konsep skematik desain terdiri dari

a. Gagasan Desain

b. Konsep Zona; desain karya kriya memiliki kegunaan fungsi yang jelas peruntukannya, dapat menjadi Functional & decorative bamboo works, fine bamboo works & jewelry, sculptural bamboo works & installation

II. Gambar Desain

a. Proses desain

b. Gambar produk

c. Gambar tampak

d. Gambar potongan

e. Gambar detail

f. Gambar perspektif

ASPEK PERENCANAAN

Kriteria Skematik dan Pengembangan Desain yang harus dipenuhi antara lain yaitu :

a. Original

b. Kreatif

c. Inovatif

d. Berkualitas

e. Artistik

f. Interfungsi

HADIAH

Juara 1 : Uang sebesar Rp. 5.000.000,00

Juara 2 : Uang Sebesar Rp. 3.500.000,00

AGENDA LOMBA

1. Peluncuran TOR Proposal Karya Desain : 27 Mei 2016

2. Pendaftaran Peserta : 27 Mei – 1 Juli 2016

3. Publikasi : 27 Mei – 1 Juli 2016

4. Hari Terakhir Pengumpulan : 1 Juli 2016

5. Penjurian tahap 1 : 4 Juli 2016

6. Pengumuman : 5 Juli 2016

7. Presentasi Karya : 22 Oktober 2016

8. Inagurasi Penyerahan hadiah : 22 Oktober 2016

JURI

Berikut adalah daftar nama juri/kuratorial yang akan berpartisipasi dalam penjurian pengajuan proposal karya desain Bamboo Biennale 2016, antara lain adalah :

1. Sumino, S.Sn, M.A

2. Drs. Andono, M.Sn

3. Satya Brahmantya

BOBOT PENILAIAN

1. Konsep : 15 %

2. Bentuk : 15 %

3. Konstruksi : 10 %

4. Detail sambungan : 10 %

5. Fungsi : 10 %

6. Sentuhan artistik : 20 %

7. Kreatifitas : 20 %

PENDAFTARAN

1. Biaya pendaftaran Rp. 150.000,00/per tim untuk umum dan Rp. 100.000,00/per tim untuk mahasiswa dan pelajar

2. Form pendaftaran dapat diunduh di laman fanpage dan website Bamboo Biennale, kemudian dikirimkan melalui email bamboobiennalesolo@gmail.com dengan subyek “PROPOSAL KARYA KRIYA – BAMBOO BIENNALE 2016” dengan melampirkan softcopy :

a. Bukti transfer uang pendaftaran ke rekening BANK BCA (KCU SOLO) a/n Paulus Mintarga dengan nomor rekening 0156645758

b. Kartu tanda pengenal yang dapat berupa KTP, SIM dan atau kartu mahasiswa (khusus bagi mahasiswa)

3. Nomor pendaftaran akan diberikan melalui email balasan setelah peserta mendaftar sekaligus digunakan sebagai identitas karya

PENYAJIAN

1. Pengiriman hasil karya menyertakan fotokopi KTP atau kartu identitas sejenis, untuk mahasiswa sertakan fotokopi kartu mahasiswa

2. Materi lomba dilampirkan dalam media penyajian yang dibuat dalam format kertas A3, termasuk konsep dan skematik desain

3. Hasil karya berupa file gambar (soft copy) berformat digital (JPG atau PDF) dengan resolusi 300 pixel/inch dan gambar 3d High Resolution, resolusi 300 dpi, frame/scene yang memiliki ukuran minimal 1500 pixel pada sisi terpendek atau ukuran minimal 25 x 34 cm, dengan ukuran maximal file 20 MB dalam bentuk DVD-R

4. Materi karya harus harus diserahkan satu set sesuai dengan ketentuan pengiriman hasil karya

PENGIRIMAN KARYA

1. Karya dikemas dalam amplop tertutup, diusahakan berplastik dan tidak mudah ditekuk dalam proses pengiriman

2. Pada bagian depan amplop dituliskan PROPOSAL KARYA KRIYA – BAMBOO BIENNALE 2016

3. Karya juga dikirimkan melalui email bamboobiennalesolo@gmail.com dengan subyek PK-KRIYA-(nomor peserta)

4. Dikirim cap pos paling lambat pada tanggal 1 Juli 2016 dengan alamat kesekretariatan Jl.Adisucipto KM 4, Desa Tegalmulyo RT 2 RW 4 Gajahan, Colomadu 57111.

Untuk Pendaftaran Peserta, Formulir Pendaftaran silakan DOWNLOAD DISINI!

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a comment

Your email address will not be published.


*